Pengalaman Mistis Orang-Orang di Sekitar Ane Selama di Jogja #19 - Cerita Seram Kaskus

Pengalaman Mistis Orang-Orang di Sekitar Ane Selama di Jogja #19

Yep. Nyambung dari cerita sebelumnya, sebut aja Adji ini adalah Bapak Kos ane waktu masih mudanya. Karena cerita yang satu ini cukup panjang dan nyambung-nyambung, jadi ane bikin beberapa part, ga kayak cerita bapak kos ane yang sebelumnya

Setting awalnya dulu waktu jaman bapak kos ane masih seumuran SMA, mulai sekarang, bapak kos kecil ane sebut Adji aja ya gan. Waktu itu Adji ga sekolah, dan emang banyak anak seumuran dia ga sekolah. Rumah dia masih di kosan tempat ane ini sekarang, tapi waktu itu, rumah ini masih punya Si Mbah nya Adji. Katanya sih, tanah tempat rumah ini berdiri udah jadi kepunyaan keluarganya Adji sejak jaman mbah buyutnya. Luas tanahnya tetep sampek sekarang, kurang lebih sekitar 15m x 13m an. Lumayan gede lah. Tipikal tanah orang desa. Yang berubah cuman luas bangunannya aja. Kalo sekarang, seluruh tanahnya udah di bangun kos an 2 lantai. Tapi dulu, rumah si mbahnya Adji ini kecil aja. Ga besar-besar banget. Ukuran bangunan waktu Adji masih usia SMA ya sekitar 1/3 luas tanahnya lah. Jadi halaman yang lumayan luas masih ngelilingin rumah waktu itu. Dan kayak tipikal rumah desa pada umumnya, jarak antar tetangga masih lumayan jauh.
=======================



Waktu seumuran itu, yang namanya orang nyari ilmu-ilmu kesaktian masih banyak gan, kata bapak kos ane. Termasuk waktu itu si Adji salah satu yang ikut-ikutan temennya buat nyari ilmu-ilmu kejawen gitu. Keluarganya sendiri, termasuk si mbah dan bapaknya Adji emang abdi keraton. Si mbah nya adji ini salah satu penasihat spiritual kraton, dan bapaknya adji ini tentara kraton. Bahkan jaman sekarang aja, bapak kos ane ini masih terdaftar sebagai tentara kraton yang tiap kali ada acara khusus kraton masih sering dipanggil.

Pas umur segitu, Adji sering dicritain sama si mbahnya soal puasa mutih sama patigeni. Katanya si mbah, biar mental dan fisiknya adji kuat, dia harus sering-sering mutih dan patigeni. Adji pun nurut. Sejak itu, sebulan sekali, secara rutin Adji puasa mutih selama 7 hari, terus dilanjutin puasa pati geni 3 hari.

Setelah jalan beberapa bulan, Adji ga ngerasain perubahan apa-apa. Pas ditanyain ke si mbahnya, katanya soalnya Adji puasa itu ngarepnya kekuatan. Bukan kebaikan bagi fisik dan mentalnya. Setelah dinasehatin sama si mbahnya, Adji pun berusaha memperbaiki niat ritualnya. Yaaaa walopun, emang selama beberapa bulan ke depan masih ga ada hasilnya.
=====================

Suatu malem, setelah 7 hari puasa mutih dan 2 hari pati geni dengan sembunyi di atap rumah, malemnya Adji tidur hampir waktu subuh. Adji mimpi. Mimpinya aneh banget gan. Dalam waktu beberapa menit sebelum adzan subuh itu, Adji mimpi lagi duduk-duduk di teras rumahnya. Sambil duduk itu, Adji ga bisa gerakin badannya. Pantatnya kayak nempel di lantai.

Trus, pas Adji ngeliat ke pager depan rumah, disitu ada mbakyu penjual jamu gendong keliling. Si mbaknya ini wajahnya cuantik, kata bapak kos ane. Terus, si mbaknya ini jalan masuk ke halaman rumah si adji dan berhenti di depan adji. Adji masih ga bisa gerak, dan ga bisa ngebuka mulut untuk ngomong. Si mbaknya ini terus senyum dan duduk di depan Adji. Kemudian, mbakyu penjual jamu ini nuangin sinom ke gelas kecil, yang kemudian ditawarin ke Adji.

Adji sebenernya mau minum, tapi berhubung badannya ga bisa gerak dan mulutnya ga bisa kebuka, dia ga bisa ngambil jamu itu. Tapi mbak penjual jamu ini ga marah, malah senyum aja. Mbak nya terus berdiri, terus jalan ke salah satu pojok halaman rumah Adji. Setelah sampai pojok, mbak jamu gendong ini numpahin sinomnya ke tanah disitu. Kemudian, dari tanah yang ditumpahi sinom itu tumbuh singkong dengan cepet banget. Tau-tau singkongnya udah jadi pohon aja gan.

Adji kebangun tiba-tiba dengan kaget. Tapi adji gak ngos-ngos an. Dia malah ngerasa tenang banget. Cepet-cepet Adji turun dari atap, terus lari grusa-grusu ke halaman depan. Disitu, Adji ngeliat di sudut halaman yang di tumpahin sinom oleh mbak jamu gendong dalam mimpinya, ada pohon singkong yang sebelumnya ga ada di situ. Pohonnya ga segede di dalem mimpi sih. Tapi ada.

Jadi, setelah Adji keluar dari rumahnya, dia ngeliat ada pohon singkon tumbuh di tempat si mbak penjual jamu gendong numpahin sinomnya, sama persis di tempat yang dalam mimpinya. Buru-buru Adji masuk ke rumah lagi, terus laporan sama si mbahnya. Mbahnya pun keluar dari rumah buat ngeliat itu pohon singkong.

Setelah mbahnya Adji ngeliat itu pohon singkong, Adji sama adeknya disuruh nyabut itu pohon. Kata Adji sih, nyabutnya berat banget gan. Jadi kayak pohon singkong itu emang udah tumbuh disitu lama. Akhirnya, setelah perjuangan beberapa menit, pohon singkong itu kecabut. Awalnya, Adji ngira singkong yang di dalam tanah bakalan besar, soalnya pas nyabutnya berat banget. Tapi ternyata, akarnya kecil-kecil dan cuma ada 4 singkon yang besarnya setelapak tangan remaja.

Pas Adji mau ngebawa singkong-singkong itu ke dalam rumah, sama mbahnya dilarang. Begini kira-kira percakapannya(dalam bahasa jawa, ane ga apal tepatnya gan).
Si Mbah : "Itu singkong nya jangan di bawa masuk rumah! Biarin di luar aja!"
Adji : "Terus diapakan ini, Mbah?"
Si Mbah : "Bakar en. Terus pangan en. Itu pemberian buat kamu."
Adji : "Eh? Dimakan, Mbah? Tenane ora popo?"
Si Mbah : "Iya. Tapi jangan dibawa masuk rumah kalo belum kamu makan!"

Akhirnya, Adji dan adeknya nyiapin kayu bakar. Keempat singkong kecil-kecil itu pun di bakar. Setelah menurut Adji udah matang, api pun dimatikan. Singkongnya diademkan sebentar. Adji pun mengambil salah satu singkong, untuk kemudian dibelah pake pisau.

Nah, pas Adji ngutak atik itu singkong pake pisau, doi ngerasain pisaunya ngegesek benda keras lain di dalam singkong. Setelah singkongnya di belah, ternyata di dalam singkong yang udah di bakar itu ada benda logam kecil sebesar kelingking orang dewasa.

Warnanya perak bersih mengkilap seperti baru ditempa. Tajam disisinya dan runcing diujungnya. Keras dan padat. Tapi bukan keris. Bukan.

Kalo menurut sepengetahuan Adji, benda itu bentuknya seperti ujung tombak.

Segera setelah Adji tau benda di dalam singkong itu mata tombak berwarna perak, doi langsung nunjukin ke si mbahnya. Tentu aja, sama si mbahnya, mata tombak itu ga boleh di bawa masuk ke dalam rumah dulu. Jadi si mbahnya Adji yang ngedatengin ke halaman depan.

Kata Adji, mata tombaknya itu kayak mata tombak pada umumnya. Sederhana, tapi keliatan banget tajam. Dari ujung tombak sampai pangkalnya, nggak ada ukiran-ukiran. Polos cuma logam perak gitu aja.

Si mbahnya Adji yang lagi ngeliatin mata tombak itu, sepintas ngeliat singkong yang habis di bakar, tapi belum dimakan sama Adji.
Si Mbah : "Lah itu kok singkongnya belum dimakan? Hayo dimakan dulu. Empat-empatnya dihabiskan! Udah diberi kok ga diterima.."
Adji : "Ini tenane masih harus saya makan, Mbah?"
Si Mbah: "La iya. Wong kamu diberinya singkong. Ya makan singkongnya."
Adji pun ngehabisin keempat singkong bakar itu sekaligus. Setelah habis, Adji disuruh ngambil kursi dari dalem rumah, di bawa ke halaman. "Ngobrolnya di luar rumah aja," kata si mbah nya Adji.

Adji dan mbah nya pun duduk di halaman depan. Si mbah pun mulai menjelaskan sama Adji.
Si mbah : "Dji, si mbah ndak tau ini mata tombaknya ada apanya. Pengetahuan si mbah terbatas. Yang jelas, yang si mbah ngerti, kalo nemu barang-barang macam begini, jangan sembarangan di bawa masuk ke rumah. Siapa tau ternyata malah ngganggu."
Adji : "Inggih, Mbah. Terus saya harus gimana?"
Si Mbah : "Si Mbah juga ndak tau, Dji. Kan si mbah bilang pengetahuan si mbah terbatas. Gini aja. Kamu malam ini tidur di teras rumah. Nanti si mbah siapkan alas tidurnya. Inget, kamu jangan masuk rumah mbawa barang ini. Kalo mau buang air, ya ditinggal dulu diluar. Ngerti?"
Adji : "Inggih, Mbah. Cuma malem ini aja, Mbah?"
Si Mbah : "Iya. Malam ini aja. Kalo memang ndak diganggu, ya berarti kamu boleh bawa masuk rumah."
Adji : "Inggih, Mbah."

Akhirnya, seperti yang diperintahkan si mbahnya, seharian itu sejak subuh sampai malam hari, Adji ngebawa mata tombak itu kemana-mana. Mata tombaknya dibungkus kain, dan disimpen di kantong celana Adji. Sorenya, bada isyak, Adji siap-siap tidur di teras.

Belum jam sepuluh, Adji udah tidur nyenyak. Udaranya sejuk, kata Adji. Sampai tengah malam, belum ada gangguan. Tidurnya Adji masih nyenyak. Selepas tengah malam, seingatnya, Adji terbangun karena ngerasa gempa kecil. Setelah Adji bangun, gempanya ternyata ga ada. Adji mikirnya ya mungkin dia lagi berkhayal aja. Tiba-tiba, sekilas, mata Adji ngeliat pintu gerbang halaman rumah si mbah.

Di balik pagar gerbangnya itu, ada rusa jantan.
Kata Adji, warna rusanya hitam pekat, nyaris ga keliatan apalagi pas malam hari. Tanduknya, bulunya, hidungnya, warnanya hitam. Yang keliatan jelas cuma matanya yang warnanya abu-abu. Seingat Adji, ukuran rusanya biasanya aja. Ga besar, ga kecil. Sedengan.

Adji ngeliat rusa itu bener-bener cuma sekejap. Cuma sekilas aja. Pas adji berkedip, rusa itu udah ga ada. Pas Adji nyobak tidur lagi, dia samar-samar nyium bau kayak kain basah. Baunya samar banget. Adji yang emang udah males ngelayanin gaib-gaiban gitu, sengaja ga nyariin sumber baunya. Lama-lama, ya baunya hilang sendiri.

Sampek paginya, ga ada kejadian aneh-aneh lagi.

Setelah semaleman sampek pagi ga ada kejadian apa-apa lagi, Adji pun dibangunin si mbahnya sebelum sholat subuh. Setelah sholat, Adji diinterogasi sama si mbahnya. Adji pun cerita soal kejadian semalem, lengkap dengan sosok rusa item yang keliatan cuma sekilas. Nah, waktu Adji cerita soal rusa item ini, wajah si mbahnya jadi agak kaget gitu gan.

Mbahnya Adji pun bercerita, kalo semalem, beliau mimpi suatu masa di masa depan, waktu Adji udah menempati rumah si mbahnya ini, di kampungnya Adji ini ada seekor rusa item yang besar banget. Kata si mbah, rusa item ini lebih tinggi dari semua rumah penduduk. Kaki-kakinya besar dan gagah kayak tiang masjid gede. Tanduknya besar dan melebar ke samping. Di tanduk rusa ini bergelantungan monyet-monyet putih. Ada yang tidur, ada yang makan, ada yang lagi nyari kutu.

Dalam mimpinya, rusa item ini minum air dari semua sumur yang ada di kampungnya Adji sampek airnya habis. Semua sumur tetangga-tetangganya Adji diminum sampai airnya habis. Sama kayak rumah-rumah sebelumnya, rusa hitam raksasa ini juga minum air dari sumur rumahnya si mbah. Tapi bedanya, seberapa banyak pun rusa ini minum, air sumur rumahnya si mbah ga pernah habis. Akhirnya, karena ngerasa kenyang, rusa item itu tidur di deket sumur si mbah. Mbahnya Adji pun bangun dari tidur karena adzan subuh.
=====================

Awalnya, berhubung si mbahnya adji juga gatau maksud mimpinya, mimpi itupun akhirnya dianggap mimpi biasa. Mbah nya adji memutuskan, mata tombak itu boleh disimpen adji dan boleh di bawa masuk rumah. Selama beberapa minggu, ga ada kejadian aneh-aneh.

Tapi kemudian, suatu malem, pas adji lagi tidur nyenyak di kamarnya, dia kebangun gara-gara ada suara 'klotak klotak klotak' dari lemari bajunya. Awalnya, dikira adji itu tikus. Biasalah. Adji pun ngebuka lemari bajunya sambil bawa sapu. Nah, ternyata itu bukan tikus.

Di dalem lemari itu, di atas rak kayu, mata tombak yang ditemuin adji itu goyang-goyang. Kata adji, dari mata tombak itu, kayak ada yang berbisik, pelaaaaannn banget "ngelaaaakkk ngelaakkkkk" (hausss hausss). Adji yang kaget pun buru-buru nutup lagi lemarinya, terus tidur di ruang tengah rumah si mbah. Paginya, adji baru cerita sama si mbahnya.

Saat itulah si mbahnya adji ngerti maksud mimpinya kapan hari itu. Adji pun disuruh cepet-cepet ngambil mata tombaknya itu. Oleh si mbah, adji disuruh ngebuang mata tombak itu ke dalam sumur rumah mereka. Menurut mbah nya adji, kalo mata tombak itu ada 'isi'nya berupa rusa hitam itu. Kalau rusa hitam itu dibiarkan besar tanpa ada yang 'megang', nanti di masa depan dia bakalan jadi liar dan ngebikin kampungnya adji kekeringan. Jadi, biar itu ga terjadi, rusa hitam itu langsung di taruh di sumurnya si mbah aja.
====================

Siapa tau ada yang tanya, kata bapak kos sumur di kos an ini emang airnya ga pernah habis. Dan ane ngerasain sendiri gan. Kalo pas musim kemarau, kadang di kosan temen-temen ane yang nota bene masih sekampung sama kosan ini air sumurnya sering habis. Kalaupun ada, biasanya airnya keruh. Tapi kosan ane ini ga pernah kekurangan air. Airnya juga selalu bersih, ga pernah butek. Emang sih ada penjelasan ilmiahnya. Tapi sekadar info aja

2 comments

TOPJITU
SITUS TOGEL ONLINE TERPERCAYA,
SITUS SLOT GACOR 2022,
SITUS LIVE CASINO ONLINE,

Daftar : topjitu